Langsung ke konten utama

Mengusir Rasa Sedih dengan Cara-Cara Ini

Mengusir Rasa Sedih dengan Cara-Cara Ini

Rasa sedih adalah bentuk emosional manusia yang berkaitan dengan kemunculan perasaan kehilangan, putus asa, lemah, kecewa, dan tidak berdaya. Rasa sedih ini dapat membuat seseorang menjadi lesu, tidak bersemangat, bahkan menarik diri dari lingkungan.

Pada dasarnya rasa sedih merupakan tanggapan emosional terhadap sesuatu yang tidak berjalan semestinya.Tidak banyak orang yang tahu bahwa perasaan ini memiliki sisi positif, yaitu membuat Anda menjadi lebih menghargai sesuatu dan lebih peduli kepada orang lain yang sedang bersedih. Namun, tidak ada orang yang merasa memerlukan rasa sedih. Bahkan, banyak orang yang memilih menghindar dari rasa sedih karena sering tidak tahan menghadapinya.
Ketika rasa sedih sudah tidak tertahankan, Anda dapat mencoba cara-cara di bawah ini untuk mengurangi perasaan tersebut.

Memahami kesedihan itu sendiri

Sedih adalah perasaan yang alami. Inilah tanggapan tubuh dan perasaan terhadap sesuatu yang Anda hadapi. Jika Anda berpisah dengan orang tercinta, kehilangan barang kesayangan, dikecewakan seseorang, reaksi alami yang akan timbul adalah jual obat terlambat bulan perasaan sedih. Anda juga perlu memahami, bukan hanya Anda yang mengalami kesedihan. Semua orang akan memiliki perasaan yang sama jika mengalami hal-hal menyedihkan seperti itu.

Jangan dihindari, tapi dihadapi

Izinkan diri Anda untuk bersedih. Anda juga disarankan untuk mengakui perasaan tersebut. Berilah waktu bagi diri sendiri untuk bersedih dan “menghabiskan” rasa itu. Dengan mengakui kenyataan dari perasaan ini, kesedihan menjadi lebih cepat reda daripada ketika Anda menghindarinya.

Menangis

Lepaskan emosi Anda dengan mengekspresikannya. Luapkan dengan menangis, berapa lama pun waktu yang dibutuhkan. Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres keluar bersamaan dengan mengalirnya air mata. Biasanya, setelah menangis, Anda akan merasa lebih lega. Jika Anda sudah lebih siap, menangislah dengan diiringi musik sedih yang justru mengingatkan Anda pada kesedihan itu. Musik sedih ini akan menghubungkan Anda kepada keadaan yang sedang dialami dan membantu proses penyembuhannya.

Menulis

Menulis bisa menjadi terapi dalam menyembuhkan rasa sedih. Tulislah sebuah cerita untuk mengungkapkan perasaan Anda. Buatlah tiga kata yang menggambarkan perasaan Anda, di awal dan di akhir tulisan. Jadwalkan untuk menulis secara rutin, misalnya tiap hari, cukup 10-15 menit saja.

Habiskan waktu bersama teman-teman

Jangan membiarkan diri terus berkubang di dalam kesedihan. Luangkan waktu bersama teman-teman dan habiskan waktu bersama mereka. Makan bersama, nonton film di bioskop, atau pergi ke tempat-tempat yang belum pernah didatangi bisa membuat Anda melupakan sejenak rasa sedih yang sedang dialami. Ceritakan keadaanmu kepada mereka dan mungkin saja mereka bisa membantu pada satu sisi. Meski mungkin tidak banyak terbantu, namun dukungan dan kepedulian dari teman, sekecil apa pun, bisa berdampak besar dalam mengusir kesedihan.

Kendalikan diri sendiri

Pada saat sedih, kadang-kadang Anda kesulitan mengontrol emosi. Emosi dapat meledak begitu saja dan kapan saja. Agar hal ini tidak terjadi, kendalikan diri sendiri dengan cara membuat diri lebih terorganisasi. Buat daftar hal yang akan Anda lakukan pada hari itu. Tuliskan juga rencana kegiatan dalam jangka panjang, seperti harapan Anda di waktu-waktu mendatang, hal menyenangkan yang ingin dilakukan, serta kebahagiaan yang ingin Anda capai. Fokuskan pada hal-hal positif tersebut agar emosi lebih terkendali.

Hidup di lingkungan positif

Tempat paling tepat ketika Anda sedang bersedih adalah lingkungan yang positif. Bertemanlah dengan orang-orang yang penuh semangat agar Anda terbawa semangatnya. Ingat-ingat lagi hal paling indah yang pernah Anda alami untuk membuat suasana hati menjadi gembira. Sebaliknya, hindari teman atau suasana yang negatif karena efeknya nanti hanya akan membuat Anda lebih sulit untuk sembuh dari rasa sedih.

Jangan biarkan diri Anda terpuruk ketika sedang dilanda kesedihan. Semua itu akan berlalu seiring berjalannya waktu. Yang terpenting adalah Anda harus berusaha agar rasa sedih itu tidak berlarut-larut, apalagi sampai mengganggu kehidupan Anda di masa depan.

Komentar